Need help for Individual or Corporate TAX ? Please contact 0815-8222454, LENA

Thursday, July 26, 2012

Ciri Ciri HRD Merasa Ganteng

Suatu hari di ruang HRD...
Interviewer: "Kita mulai ya interview nya!"
Kandidat   : "Saya boleh minta ijin gak, Pak?"
Interviewer: "Ijin apa?"
Kandidat   : "Ijinkan aku mencintaimu
Interviewer: (jleb,jleb,jleb,jleb)

Ada pepatah bilang, "mulailah sesuatu dengan hal yang positif". Saya yakin ini bukan sekedar pepatah tetapi 'emang bener' adanya,hha. Sebagai newbie dalam per blog-blog an (bukan per goblok-an loh ya), sayapun ingin memulai dgn kesan yg OKE. Nah, lebih oke lagi kalau dimulai dengan cerita pengalaman saya yang bener2 fresh from the oven.

Selama 2 minggu ini sudah 2 kali saya ditelpon oleh HRD institusi design berlokasi tak jauh dari halte setiabudi untuk diinterview. Jika mendengar namanya (mr.sahat), pasti semua semua orang yakin kalau do'i orang batak.  Di pembicaran telpon yg kedua, beliau me-reschedule jadwal interview karena alasan : interviewer sedang ke luar negeri. (saya kira, do'i yg bakal ng-interview, secara do'i kan hrd nya). Entah ngantuk atau kenapa, suara do'i di telpon terdengar tidak beraturan (seperti sedang mabuk--apa dia lagi galau??). Okelah, saya pun datang ke TKP dengan kostum 'enak di liat' (mengingat kalau ini company yg erat dgn industri fashion). Resepsionis cantik menyambut saya dan memberikan form candidate yg hrs diisi (honestly, gw muak fill form berlembar2 ginian. Ini selalu ada di tiap sesi sblum interview dimanapun.Trs apa gunanya bw CV?!). Selama ng-isi form sbanyak 3 hlm itu, saya mendengar para resepsionis (termasuk yg nyambut saya pertama td) bercanda dengan bahasa batak. Saya langsung seenak jidat ambil kesimpulan: "Wah, banyak batak nih yg kerja di sini, sampai org2 front officenya pd batak. Jangan2 gw dipanggil interview karna hrd ng-liat foto gw yg cewe batak bgt kali ye?!" tetapi dugaan tersebut tdk berlangsung lama...

Setelah setelah mengisi formulir (yg jawabannya asal2an pastinya), saya diantar oleh resepsionis yg satunya lagi menuju ruang interview (saat ini saya yakin kalo saya pasti bakal ketemu sama yg namanya mr.sahat dan berharap do'i akan considerate sm gw karna sm2 halak batak,hha). Saya dipersilahkan duduk di  sofa samping ruangan transparan yg didalamnya ada 3 orang laki2 lg ngobrol santai ketawa2 (Ini situasi bagus yg mengindikasikan interviewer mood nya lg bagus,hha). Hanya satu yang membelakangi saya dan yg dua nya terlihat dr posisi saya duduk. Saya yakin diantara mereka bertiga pasti ada yg namanya mr.sahat yg suara di telpon wkt itu seperti orang mabuk-_-. Resepsionis menginterupsi obrolan mereka dan bilang  ke mas2 yg tubuh nya membelakangi saya. "Permisi, ada tamu yg mau interview..". Sejenak saya pikir, "Oke, akhirnya gw ketemu sama yg namanya mr.sahat".  dan ternyataaaa...pas dia balik badan..."KYYAAAAAAAAAAAAAAAA,,,G.A.N.T.E.N.G", saya pun senyam-senyum sendiri di sofa dgn pikiran yg udah macem2. Langsung satu kalimat muncul di benak pikiran saya: "Nah, nyang kaya gini nih yg gw demen". Penampilannya metroseksual, sepertinya belum berumur 30,dan wajahnya oriental, sama sekali bkn batak-face. Saat itu saya sadar bahwa yg menginterview saya hr ini memang bukan mr.sahat, tp cowo yg mirip Vj-Utt ini ^_^. Dia mempersilahkan saya masuk ke ruangan, dan sayapun bangkit dari sofa dengan penuh semangat, layaknya  mau bungkus udang krispi ke warung mba' ucu yg slalu sold out kurang dari 3 jam.

Dalam ruangan, beliau mempersilahkan saya duduk, dan hanya kami BERDUA
yg ada di ruangan ber AC super dingin itu (aduh, gw-pun makin nerveous). Sedikit demi sedikit saya lupa sama apa yg sudah saya hapal di kereta karena do'i selalu diiringi senyuman ketika ngomong sama saya,(hadoh,bener2 ngejebak gw banget nih senyuman!!). Saya semakin yakin kalau dia bukan mr.sahat ketika dia berbahasa indonesia dan terdengar sekali logat mandarin nya; boleh dibilang utk ukuran laki2, speed do'i dlm berbicara cukup cepat. Ada satu pertanyaan dr do'i yg cukup menjebak yg baru pertama kali saya dengar setelah bbrp kali interview: "What the things you hate in a job?", (yg bikin gw kesal, dia nanya ini juga dengan muka senyuman, ini jelas semakin bikin gw terjebak, baik terjebak dalam pertanyaan maupun terjebak dalam senyuman nya, jiahhhh).

Interview akhirnya selesai dan saya saat itu beneran gak mau pulang,eiaa! Sayapun melangkah pelan-pelan menuju pintu, dan ketika tangan saya hendak memegang gagang pintu, do'i langsung cepat2 menuju pintu dan menyetop tangan saya sambil bilang,"Let me open the door for you!!". Kyaaa, saya pun dalam hati makin melting dan cengar-cengir sambil mikir: knapa gak skalian aja bilang "Let me open my heart for you",eiaa. (Gw yakin dari tampang gw saat itu pasti do'i udh nebak kalo gw udh a-i-u-e-o sm dia-->insting laki2 pasti tau lah raut wanita.Tp gak tau deh kalo dia laki2 beneran apa enggak, abis doi metroseksual bgt sih, ini industri fashion pula,-_-). Pastinya yang lebih bikin saya pingsan lagi, setelah kami berdua keluar ruangan, dia berjalan di belakang saya yang saya pikir dia akan kembali menuju ruang kerjanya tadi, ternyata enggak! Saya menuju pintu ke 2 dimana pintu ini menuju front office. Ketika saya hendak membuka gagang pintu, LAGI-LAGI, dia muncul dari belakang saya dan meraih gagang pintu di saat tangan saya juga masih di gagang pintu, yg artinya..Yap, tangan kita bersentuhan,,(Saat ini gw bener2 mikir,apa gw jatoh aja skalian dpn dia biar lgsg offering-letter!!). Ternyata dari tadi do'i memang ng-ekorin saya buat bukain pintu yg kedua ini (untung dr td jalan gw santai bgt). Lucunya, do'i tiga kali gagal buka pintu itu, dan ternyata eh ternyata ini pintu yg baru bisa dibuka kalau dipencet tombol otomatis yg ada di sisi kanan pintu. Do'i melayangkan telunjuk kanannya ke tombol itu, "Oww, I forget this...". Sayapun mikir, "Hah, dia kan udah lama kerja di ruangan ini, masa iya sih lupa sama tombol pintu yg pasti dia udh sering keluar-masuk pakai pintu ini". Langsung saya cepat2 ambil kesimpulan, "Ah, do'i pasti juga GROGI sama gw",hha. Dia benar2 mengiringi saya sampai keluar dan memberikan last smile, "Thank You, Take care ya..". Saat2 terakhir itu,jarak kami berdua bener2 kurang dari 20 cm,o_0. Saya melangkah menuju pintu exit menuju front office dan tak lupa say thanks sama resepsionis yg nganterin ke dalam td. 

Sepanjang perjalanan saya baru sadar kalo sepanjang interview dia tidak memperkenalkan diri ataupun menyebut nama saya seperti yg biasanya dilakukan oleh hrd. Hmm, sebetulnya ini kurang baik ya, seperti tidak ingin membangun relationship dengan kandidat yg dipanggil. Saya juga lupa apa di awal dan di akhir kami bersalaman atau tidak (sangkin gak konsen), tp entahlah setidaknya kejadian di gagang pintu tadi udah lebih dr salaman,haha.
Setidaknya saya tidak rugi-rugi amat berangkat siang dan panas-panasan hari ini. Selain mencoba kesempatan juga ada hiburan di sela-sela jenuh ditolak kerja.

No comments:

Post a Comment